Gunung Ruang Kembali Erupsi, Bandara Samratulangi Kembali Ditutup

Dian Riski
Apr 30, 2024

Bandara Sam Ratulangi Manado dan Bandara Sekitarnya Ditutup Sementara. Foto Dok Kemenhub

KOSADATA — Operasional Bandara Sam Ratulangi di Manado kembali ditutup sementara akibat terdampak abu vulkanik Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Penutupan operasional bandara melalui informasi dari Notice to Airmen (NOTAM) dengan Nomor Notam: A1148/24 NOTAMR A1144/24 mulai tanggal 30 April pukul 08.45 WITA sampai dengan pukul 12.00 WITA, dan diperpajang kembali selama 24 jam sampai dengan  tanggal 01 Mei 2024 pukul 12.00 WITA.

 

“Kami harus melakukan penutupan kembali operasional penerbangan Bandara Samratulangi karena sebaran abu vulkanik yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan," ujar Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado, Ambar Suryoko (30/4/2024).

 

Ambar menambahkan beberapa bandara dibawah wilayah kerja Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado yang terkena dampak erupsi sehingga tutup operasional penerbangan.

 

"Selain Sam Ratulangi ada beberapa bandara yang tutup sementara pada hari ini (30/4) akibat erupsi Gunung Ruang, yaitu Bandara Djalaluddin ditutup hari ini sampai dengan pukul 16 WITA,  sementara bandara lainnya yakni Bandara Melonguane, Bandara Naha, Bandara Siau, Bandara Bolaang Mongondow, Bandara Miangas, dan Bandara Pohuwato ditutup 24 jam terhitung mulai hari ini," jelas Ambar.

 

Pihaknya akan terus melakukan monitoring dan pengawasan perkembangan situasi Gunung Ruang dan dampaknya terhadap bandara-bandara di sekitar. Pengamatan lapangan dilakukan setiap 1  jam sekali pada  titik di sekitar bandara, dan apabila kondisi belum berubah maka Notam akan diperpanjang.

 

“Kejadian ini adalah situasi  force majeur, saya berharap masyarakat


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0